Campak

Tahukah anda mengapa seseorang hanya satu kali terserang penyakit campak…? Campak merupakan penyakit yang medah menular. Penyakt ini disebabkan oleh virus. Campak biasanya menyerang pada anak yang berusia 5 – 12 tahun. Anak yang terserang campak bisanya akan timbul bercak – bercak merah pada seluruh tubuhnya.

Penyakit campak diawali dengan masuknya virus campak kedalam tubuh. Ketika virus masuk pertama kali, diperlukan beberapa hari bagi sel darah putih untuk menghasilkan antibodi campak untuk menyerang virus tersebut. Selama pembentukan antibodi orang menjadi sakit campak, tetapi setelah antibody dalam tubuh berhasil mengalahkan virus campak penderita berangsur sembuh dari penyakit tersebut. Meskipun virus campak telah dihancurkan sel darah putih tetap mengingat struktur virus tersebut dan sanggup menghasilkan antibody dengan sangat cepat apabila virus tersebut kembali menyerang.

Antibodi yang dihasilkan akan segera menyerang dan mencegah virus tersebut menyebar keseluruh tubuh, sehingga orang tersebut tidak terserang penyakit campak untuk yang kedua kalinya.

This entry was posted in pengetahuan. Bookmark the permalink.

Leave a comment